7 Makanan Indonesia yang Mendunia Karena Kelezatannya

delicous cuisine yummy

Indonesia memiliki berbagai keunikan di dalam setiap budayadan kulinernya. Salah satu aspek yang terkenal dari kuliner Indonesia adalah ciri khas dan kelezatannya. Indonesia memiliki banyak sekali kuliner yang menakjubkan, bahkan terdapat lebih dari 5350 resep kuliner asli yang ada di seantero nusantara.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa makanan asli Indonesia yang telah mendunia dan memiliki rasa yang sangat enak,

nasi padang, delicious food

Nasi padang

Makanan khas Indonesia yang telah populer hingga ke seluruh dunia salah satunya yaitu makanan dari Padang. Makanan asli dari wilayah Padang, Provinsi Sumatera Barat ini memang terkenal dimana-mana, bahkan di seluruh Indonesia pasti akan menemukan tempat makan Nasi Padang.

Hal tersebut memang didukung dengan penduduk asli Padang yang senang merantau, sehingga ketika sudah dewasa akan pergi ke luar pulau dengan membawa resep asli wilayahnya. Makanan dari masakan Padang memang terkenal dengan kelezatannya, ciri khas rempah-rempah yang sangat komplit membuat makanan ini mudah digemari oleh seluruh masyarakat.

fried rice, nasi goreng

Nasi goreng

Negara Indonesia selain dikenal dengan kebudayaannya yang sangat beragam, juga dikenal dengan makanannya yang enak. Meskipun berbahan dasar sederhana yakni hanyalah nasi, namun nasi goreng telah mendunia. Nasi goreng merupakan masakan rumahan yang sangat mudah untuk dibuat. Memiliki rasa yang sangat enak dengan bumbu khas asli Indonesia membuat semua orang akan ketagihan dengan masakan ini.

Bahan utama dari nasi goreng adalah nasi dan dimasak dengan bumbu dasar seperti saus, kecap manis, dan juga bawang. Untuk mendapatkan rasa nasi goreng yang semakin nikmat, dapat ditambahkan topping seperti ayam, telur, sosis, sayuran dll. Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas yang dijadikan favorit oleh beberapa artis Korea yang berkunjung ke Indonesia.

Beberapa masyarakat luar yang mencoba nasi goreng pertama kalinya merasa penasaran mengenai resep dan bagaimana cara membuat nasi yang kering dan lezat seperti nasi goreng (karena beberapa negara di Asia, nasinya nasi ketan atau ada campuran ketannya). Nasi goreng menduduki posisi nomor 2 sebagai masakan terlezat pada tahun 2017.

yellow rice, delicious food

Nasi kuning

Turis mancanegara tidak hanya mencari nasi padang dan juga nasi goreng ketika berkunjung ke Indonesia. Makanan enak lainnya yang difavoritkan dan memiliki banyak penggemar adalah nasi kuning. Di Indonesia nasi kuning dijadikan sebagai makanan untuk acara-acara penting seperti pernikahan, tasyakuran dan juga hajatan tradisional.

Nasi kuning memiliki warna kuning yang berasal dari rempah kunyit yang menyehatkan. Nasi kuning dapat dikonsumsi dengan berbagai lauk khas seperti telur, ayam, mie dan sayuran. Tampilan nasi kuning juga sangat unik pada saat ada acara syukuran yaitu berbentuk seperti kerucut tinggi, model ini bernama tumpeng.

rendang, most delicous food in the world

Rendang

Berbahan dasar daging sapi yang sangat nikmat dengan bumbu komplit khas Indonesia menjadikan Rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang telah dikenal dunia. Rendang merupakan makanan asli dari daerah Minangkabau, makanan yang terkenal dengan cara memasaknya yang sangat lama yaitu mencapai 6 jam.

Namun waktu yang lama untuk memasak Rendang ini akan terbayar sudah ketika kita telah menikmati lezatnya makanan yang satu ini. Bumbu rendang yang sangat enak yaitu berasal dari santan kelapa, cabai pedas, kunyit, bawang dll. Makanan ini akan berwarna rendang hitam dan cokelat pekat, namun rasanya akan sangat lezat.

Rendang menduduki posisi puncak sebagai makanan terenak di dunia. Beberapa orang luar negeri yang mencoba masakan ini merasakan sesuatu yang baru namun terasa familiar, meskipun mereka belum pernah mencicipinya. Faktor lainnya ialah bumbu yang meresap kedalam daging sehingga menciptakan sensasi yang lezat. Bahkan pembuatan rendang otentik memiliki cara spesifik yang menunjukan konsep memasak yang bernilai tinggi.

next

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.